Cara Menabung Yang Benar Versi Orang Kaya

Sebenarnya cukup mudah untuk menerapkan cara menabung yang benar dan gak bikin pusing. Asalkan ada niat yang mantap dengan dorongan motivasi yang cukup kuat pasti menabung akan terasa mudah.

Cukup banyak orang bertanya kepada saya mengenai cara nabung versi saya. Padahal saya bukan orang kaya, tapi saya punya tips cara hemat duit versi cukong-cukong yang dulunya melarat.

Ada pepatah mengatakan “menabung pangkal kaya” itu tidak sepenuhnya salah namun kurang cocok apabila di terapkan di jaman sekarang. Bila saya memiliki kekuatan untuk mengubah pepatah saya ingin ganti “menabung pangkal kaya” menjadi “menabung investasi pangkal kaya”.

Terdengar bagus dan cocok sekali bila di terapkan sekarang karena nabung aja gak cukup. Sekarang coba kita bandingkan, lebih untung mana menabung uang dengan cara tradisional atau menabung investasi.

Masih gak percaya? kita ulas satu persatu.

secara logika apabila hanya menabung saja tidak akan membuat seseorang cepat kaya, mengapa demikian? karena kita semua sepakat bahwa setiap tahun nilai uang akan tergerus oleh inflasi.

Menabung Investasi atau Menabung Uang

aplikasi trading saham terbaik

Ketika terjadi inflasi minimal 3% (tiga persen) per tahun saja, maka nilai uang selama tiga tahun akan tergerus sebesar 9% (sembilan persen). Masih bingung?

Oke saya jabarkan secara analogi atau cerita.

Apbila setieap bulan rajin menabung Rp. 1.000.000,00- (satu juta rupiah) perbulan di bulan Oktober 2021. maka nilai yang akan anda dapatkan dalam setahun adalah Rp. 12.000.000,00- (dua belas juta rupiah). Dalam tiga tahun sebesar Rp. 36.000.000,00- (tiga puluh enam juta rupiah).

Nilai Rp. 36.000.000,00- (tiga puluh enam juta rupiah) di bulan Oktober 2023, akan setara dengan Rp. 32.760.000 (tiga puluh dua juta tujuh ratus enam puluh ribu rupiah).

Seperti ini perhitungannya

Rp. 1.000.000 x 12 = Rp. 12.000.000 (setahun)

Rp. 1.000.000 x 36 = Rp. 36.000.000 (3 Tahun)

Inflasi selama 3 tahun :

Rp. 36.000.000 – (Rp. 36.000.000 x 9%) = Rp. 32.760.000

Dari soal cerita dan pembahasan tersebut sangat terlihat bahwa nilai uang akan mengalami penyusutan yang signifikan, untuk itulah menabung yang paling tepat adalah menabung investasi. Cara nabung seperti ini yang biasanya banyak dilakukan oleh orang kaya.

Dia tidak ingin uangnya hanya diam saja di dalam rekening bank namun orang kaya ingin uangnya bekerja untuk dirinya. sehingga investasi adalah salah satu pilihan yang banuak di terapkan oleh orang kaya.

Buat sobat yang belum kaya, ada lagi faktor yang perlu kamu perhatikan supaya kamu cepet kaya. Pahami perbedaan kebutuhan dan keinginan !.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

perbedaan kebutuhan dan keinginan

Buat kebanyakan orang-orang yang sulit kaya karena tidak bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Keduanya memang beda tipis tapi punya perbedaan arti yang sangat besar.

Baca juga doa untuk kedua orang tua sebelum dan setelah meninggal dunia

Contoh soal cerita lagi aja ya biar pembaca lebih paham

Contoh

  1. Sepeda motor untuk operasional kerja, kira kira kamu bakal milih motor dengan harga 15 juta atau 30 juta?
  2. Smartphone untuk kebutuhan media komunikasi, pilih smartphone android atau iphone 13 ?
  3. Laptop untuk keperluan bekerja, pilih Asus Vivobook atau Macbook ?

Ketiga contoh tersebut tidak ada yang salah apabila anda memutuskan untuk memilih pilihan pertama atau kedua, sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

dengan mengetahui mana yang kebutuhan dan keinginan pastinya anda bisa lebih berhemat untuk mencegah aliran dana keluar. Ngomong-ngomong soal kebutuhan, tahukah anda bahwa kebutuhan di bagi menjadi 3 bagian.

Bedakan Kebutuhan Primer, Kebutuhan Sekunder, dan Kebutuhan Tersier

Bisa di pastikan bahwa semua orang memiliki kebutuhan, namun hanya sebagian yang bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Ketika seseorang sudah dapat menentukan mana yang menjadi kebutuhan, maka akan di klasifikasikan lagi tingkatan kebutuhan.

Pada dasarnya kebutuhan di bagi menjadi 3 (tiga) yaitu kebutuhan Primer, Kebutuhan Sekunder dan Kebutuhan Tersier

Kebutuhan primer

Jenis kebutuhan yang satu bersifat urgent, penting, harus di penuhi dan akan menimbulkan masalah apabila tidak di penuhi.

Contoh kebutuhan primer adalah pakaian, makan, dan tempat tinggal (rumah, apartemen, penginapan, kontrakan, kos-kosan)

kebutuhan primer sebisa mungkin harus di penuhi dan di persiapkan sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Ketika kebutuhan primer sudah terpenuhi maka kita membahas kebutuhan sekunder atau kebutuhan yang kedua.

Kebutuhan sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang tidak mendesak, atau tidak urgent. Sebuah kebutuhan yang bisa di penuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Yang menjadi contoh kebutuhan sekunder meliputi Lemari, kompor, meja, tas dan kursi.

Sebenarnya masih ada banyak lagi contoh kebutuhan sekunder, tidak akan beres kalau di bahas di dalam artikel ini. hehe

Kebutuhan tersier

Yang terakhir adalah kebutuhan tersier, pengertiannya sangat jelas yaitu kebutuhan ini pastinya tidak mendesak dan bisa di penuhi apabila kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder telah terpenuhi.

Contoh kebutuhan tersier meliputi mobil, motor mewah, jam tangan, perhiasan, ngopi cantik, dan nongkrong.

Sudah jelas apa belum mengenai perbeaan kebutuhan berdasarkan sifatnya.

Kembali ke topik, cara nabung orang kaya dengan cara investasi dan beberapa cara nabung yang diterapkan oleh orang kaya meliputi deposito, reksadana, trading saham, hingga trading emas.

Cara Nabung Deposito

cara nabung deposito

Nabung deposito kebanyakan dilakukan oleh orang kaya, namun untuk nabung yang satu ini memang disarankan untuk yang memiliki uang cukup banyak. Minimal seratus juta rupiah. Mengapa demikian?

kebanyakan suku bunga deposito adalah 5 hingga 7 persen per tahun. Sehingga pada saat menabung deposito dengan Rp 100.000.000 dana seratus juta rupiah maka pertahun anda akan mendapatkan :

5% = Rp 5.000.000 per tahun atau Rp 416.666 per bulan.

7% = Rp 7.000.000 per tahun atau Rp 583.333 per bulan.

Coba saja bayangkan apabila kamu punya uang lebih dari seratus juta rupiah, yang pasti kamu bisa mendapatan lebih banyak keuntungan dari tabungan deposito kamu. buktikan

Tips Membeli Reksadana

manajer investasi reksadana

Setelah membahas panjang x lebar x tinggi seputar tabungan deposito, ada lagi cara menabung yang banyak di terapkan oleh orang kaya yaitu dengan menabung reksadana.

Sesi tanya jawab (QnA)

A : Bang yang bener menabung reksadana atau membeli reksadana?

B : Menabung reksadana itu ya membeli reksadana, produk reksadana di beli untuk di tabung menjadi satu portofolio reksadana kamu.

A : Reksana jenisnya apa saja sih bang?

B : Reksadana yang di jual di Indonesia memiliki banyak jenisnya, namun yang umum adalah reksadana pasar uang, reksadana obligasi/pendapatan tetap, reksadana indeks, reksadana saham.

A : Oh gitu, bang tanya lagi dong

B : Tanyalah sepuas hatimu wahai bujang

A : Kalau mau nabung reksadana bisa bikin kaya gak bang?

B : Bisa banget, asalkan ketika nabung reksadana juga kerja sebagai pejabat !

Yang perlu di garisbawahi, apapun instrumen investasinya tidak akan membuat kalian kaya apabila tidak dilakukan dengan konsisten. Harus di imbangi dengan menghemat pengeluaran dan tidak membeli yang tidak di perlukan.

Secara garis besar, produk reksadana yang nantinya anda beli akan di kelola oleh manajer investasi reksadana yang sudah berpengalaman di dalam mengelola reksadana kamu.

Beberapa aplikasi reksadana yang bagus adalah bareksa.com dan bibit.com

Untuk belajar nabung reksadana, doakan kami untuk membuka kelas untuk kursus reksadana disini.

Trading Saham dan Emas

tips membeli reksadana

Wahai para orang-orang dengan dana pas pasan, tidak lagi mimpi untuk mencicipi rasanya berbisnis saham dan juga emas dengan dana terbatas. saat ini mulai berkembang aplikasi trading saham terbaik menurut saya untuk anda jadikan sebagai acuan memulai bisinis saham dengan cara trading.

mulai dengan uang seratus ribu rupiah maka anda bisa memulai trading saham dan juga emas dengan mudah. Beberapa aplikasi terpercaya yang bisa anda gunakan untuk trading saham dan emas adalah tokopedia shopee.

kedua marketplace tersebut menyediakan fasilitas keuangan hingga trading saham dan trading emas. Mulai dari harga yang murah yaitu seratus ribu rupiah anda sudah bisa berbisnis saham dan emas.

selain itu ada beberapa aplikasi yang menggunakan sistem robot trading saham dan trading emas seperti mandiri sekuritas, bri sekuritas, indospot dan masih banyak lagi aplikasi trading emas online terpercaya.

Hindari pinjaman online

pinjaman online

Pada saat ini banyak sekali pinjaman online langsung cair sehingga membuat kalangan muda milenial terpikat dan terjurumus pada utang pinjol atau pinjaman online. oleh karena itu bagi kalian yang pengen cepat kaya untuk menghindari pinjaman online.

Jangan pernah coba-coba untuk menggunakan aplikasi pinjaman online, namun apabila anda sudah terjerumus ke pinjol maka coba untuk melunasinya secara perlahan.

Dan bila kalian membutuhkan pinjaman dana, usahakan untuk meminjam kepada kerabat atau keluarga dengan pinjaman tanpa bunga.

Sekian dulu dari saya, semoga artikelnya bermanfaat

Leave a Comment